Penelusuran Lebih Lanjut

Perbedaan Azab dan Ujian

by in



بسم الله الرحمن الرحيم

Banyak kejadian lain yang saya atau orang-orang menyangka bahwa itu ujian, bisa iya bisa tidak, tapi bisa jadi itu azab,,, letak perbedaan ujian atau azab kalau kata ustadz Yusuf Mansur adalah :
  1. Lamanya (waktunya berapa lama? kalau ujian biasanya ngga lama2).
  2. Ketika sesudah ditimpa menjadi lebih baik atau ngga (kalau ujian misal hilang toko karena kebakaran, tapi setelah itu bisa bangun toko yang lebih besar, kalau azab setelah hilang toko menyusul penderitaan yang lain yang seakan tiada berhenti).
  3. Kalau ujian terasa ringan dan akan bisa dilewati dengan sabar, kalau azab terasa berat.

Nah, kenapa harus ngeh itu ujian atau azab, karena OBAT nya beda, kalau ujian obatnya sabar, tapi kalau azab obatnya taubat dulu baru yang lain-lain, sebelum taubat maka azab akan terus mengintai.. Wallahu a'alam.

Kadang kita dengan mudahnya mengatakan 'ini ujian', tapi ternyata azab karena dosa2 yang telah dilakukan.
Ada lagi contoh yang saya rasa cukup sering terjadi misal hilang HP, bisa jadi ujian, bisa dilihat dari kesabaran ketika kehilangan dan mendapat ganti HP yang lebih mahal dan canggih pula. Jika hilang HP karena azab, mungkin pernah mengambil hak/harta seseorang secara tidak baik, mungkin ada harta haram, dan lain lain yang tidak disadari, naudzubillah...
Banyak lagi contoh lain, dan mengetahui hal-hal seperti di atas membuat hidup saya menjadi lebih berhati-hati, karena apa yang kita perbuat akan kembali ke kita.

Kita membohongi, siap siap dibohongi..
Kita mencuri sesuatu, siap siap kehilangan sesuatu..
dan lain-lain

Insya Allah dilain kesempataan saya akan membahas tentang dosa besar apa saja yang menyebabkan kita terkena azab.
 
Semoga bermanfaat dan yang kurang atau yang tidak sesuai mohon ditambahkan dan diberi saran nya ^-^

Terimakasih